Bepergian Sendiri dan Harus Transit? Mesti Baca Ini!

Image Optimization Just Share

Ingin bepergian? Sendiri? Harus transit? Tidak tahu harus bagaimana karena belum pernah sama sekali? Yuk mari disimak :) Sebelum menuju intinya, tentu sudah tahu apa itu transit bukan? Transit berarti persinggahan, dimana sebelum berangkat lagi menuju tempat tujuan, kita harus singgah dulu di suatu tempat untuk ganti kendaraan yang kita tumpangi. Transit biasanya terjadi kalau dari tempat asal menuju tempat tujuan kita hanya sedikit saja jumlah potensi penumpangnya. Dalam hal ini tentu saja maskapai penerbangan tidak akan mengambil resiko dengan membuka rute baru yang tidak potensial. Sehingga terjadilah kasus transit ini.

Nah, kali ini saya akan berbagi pengalaman saya ketika saya harus transit menuju Banjarmasin (Kalimantan Selatan). Bayangkan, saya asalnya dari Pontianak (Kalimantan Barat), hendak pergi ke Banjarmasin yang notabenenya sama – sama terletak di pulau Kalimantan, harus transit dulu di Jakarta. Logikanya kenapa harus jauh – jauh ke pulau Jawa dulu padahal ada di pulau yang sama kan ya? Sebenarnya ada sih pesawat kecil yang bisa langsung ke Banjarmasin, cuma tetap saja mesti transit dulu. Parahnya malahan transitnya bisa berkali – kali. Jadi mendingan yang ke Jakarta saja lah fikir saya waktu itu. Kebetulan saya hobinya jalan – jalan sendirian. Jangankan yang ke luar, dalam Pontianak saja kemana – mana saya sukanya sendiri, lebih asyik dan berasa aja pengalamannya (yang setuju, tos dulu kita *nyengir*)

Balik ke transit, bagi yang belum pernah transit ataupun ke Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, di sana ada banyak terminal. Dan dalam terminal – terminal tersebut terdapat banyak gate alias pintu. Jadi kalau harus transit di sana, perhatikan dulu tiket dan boarding pass yang ada di tangan, perhatikan tiba di terminal mana dan harus berangkat lagi dari terminal mana. Kalau bingung, jangan segan untuk bertanya pada petugas yang ada di lapangan. Karena letak terminal yang satu dengan yang lainnya lumayan jauh, jadi kalau salah ya gila aja mesti jalan jauh, gemporlah kaki.

Berikutnya, kalau sudah berada di terminal yang benar, lanjut lihat di gate berapa akan berangkat. Tapi sebelum menuju gate yang tertera pada boarding pass, jangan lupa singgah dulu di tempat yang ada tulisan gede – gede “TRANSIT”. Disitu kasi aja sama petugasnya tiket sama boarding pass kita, biar didata dulu. Setelah itu baru deh ke gate keberangkatan kita. Well, kalau sudah sampai disini sudah aman deh. Asal jangan ketiduran aja, ntar ketinggalan pesawat deh. Nggak lucu kan? Oh iya, satu hal lagi, kalau transit, kan di tempat asal kita udah bayar biaya penumpang/passenger, nah, di tempat transit kita nggak perlu bayar lagi. Langsung lewat saja, kalau petugasnya nanya, bilang aja sambil senyum manis, “Saya transit.” Semoga bermanfaat :)


Mardhiyah Harahap

I am simple and easy going. Coffee lovers. Foodie. Love to travel, read, write, take picture and trying something new. Especially things that boost my adrenaline. Welcome to my world. Hope there is something useful for you :)

4 komentar:

  1. Narasinya bagus, materinya sangat bermanfaat... thanks dah share :)

    BalasHapus
  2. bagus sekali artikelnya,,makasih ya

    BalasHapus

Komenlah dengan baik ya :) Jangan yang menyinggung SARA ataupun menggunakan kata - kata yang tidak pantas. Terimakasih :)

IG @darepontianak