Cara Mudah, Murah dan Alami Mengatasi Diabetes

Image Optimization Tips dan Trik

Punya keluarga yang menderita diabetes? Sudah bolak balik rumah sakit, makan obat dokter terus menerus tapi penyakit tidak kunjung membaik, bahkan semakin parah. Mau tahu kenapa?

Seperti yang umumnya kita ketahui penyakit diabetes atau kencing manis itu hubungannya dengan kadar gula dalam darah kita. Penyebabnya banyak, bisa karena faktor genetik/keturunan, kurang gerak badan/kurang beraktivitas,  bisa juga karena pengaruh lingkungan, tapi penyebab utama yang banyak terjadi adalah obesitas/kegemukan. Ketika seseorang mengalami obesitas (biasanya hobi makan dan ngemil tanpa kenal waktu), otomatis kadar gula di dalam darahnya tinggi karena terjadinya resistensi insulin.

Nah, berdasarkan penyebab –  penyebab yang telah dipaparkan di atas, maka salah satu cara alami, sehat dan mudah untuk dilakukan adalah DIET. Tapi tenang, diet disini bukan berarti anda hanya makan satu kali sehari, atau tidak makan nasi sama sekali. Berikut cara diet yang saya anjurkan :

1.   Makan tetap tiga kali sehari, hanya pastikan jam makan anda sama setiap harinya, kemudian porsi nasinya dikurangi dan pastikan gizi dari lauk pauknya lengkap. Kalau mau perbanyak lauk daripada nasi, sehingga perut tetap kenyang. Atau bisa juga ganti sarapan pagi dan makan malam anda dengan nutrisi yang sekarang banyak dijual dalam bentuk shake.

2.  Perhatikan apa yang anda makan. Jangan makan mentega ataupun santan (jenis makanan apapun yang ada kandungan mentega ataupun santannya), jangan makan apapun yang terbuat dari tepung (seperti roti, mi, bakso, soun, martabak, pempek, bakpao dsb), kurangi makanan yang berminyak (kalau bisa lauk pauk yang anda makan pun jangan digoreng), kurangi makanan yang berlemak tinggi (jangan makan sosis, makan daging boleh tapi tanpa lemak, makan daging ayam juga boleh tapi tanpa kulit), kurangi makanan yang berprotein tinggi (kuning telur) dan pastinya jangan makan makanan yang mengandung gula tinggi (seperti minuman bersoda, kolak, bubur kacang dan makanan manis lainnya).

3.  Perbanyak makan sayur dan buah yang berserat tinggi. Seperti buah pir, sayur buncis, kacang kedelai dan kacang merah.

4.   Ganti minuman anda dengan air putih. Jumlah air yang tubuh kita butuhkan setiap harinya adalah 3 liter, maka minumlah lebih dari itu. Misalnya 5 liter sehari, dari pagi hingga sebelum makan siang 2,5 liter, sehabis makan siang hingga malam 2,5 liter lagi.

Selanjutnya, selain melakukan diet seperti di atas, perbanyaklah melakukan aktivitas fisik, jangan malas untuk bergerak. Bisa dengan olahraga ataupun aktivitas lainnya. Olahraga yang disarankan adalah lari pagi, berenang, bersepeda, dan aerobik. Sedangkan contoh aktivitas lainnya, jika ruang kantor anda berada di lantai 5 sebuah gedung, maka naiklah tangga untuk menuju ke sana, jangan pakai lift. Atau contoh sederhana, anda hendak pergi belanja ke warung atau minimarket, kebetulan letak warung/minimarket tersebut di dekat rumah, selama letaknya tidak jauh dan anda tidak sedang diburu waktu, jangan pakai kendaraan anda, jalan kaki saja.

Kemudian jangan merokok. Sebab rokok akan memperburuk aliran darah, dan buruknya aliran darah inilah yang menyebabkan luka dan infeksi sukar sembuh.


Lalu bagaimana kalau sudah terlanjur terluka ataupun mengalami infeksi? Sudah pakai cream dari dokter tapi prosesnya lama? Siapkan saja garam dan sedikit air. Garam tersebut dibasahi dengan air, kemudian oleskan dan gosokkan pada luka, koreng ataupun borok yang ada. Mudah dan murah bukan?

Mardhiyah Harahap

I am simple and easy going. Coffee lovers. Foodie. Love to travel, read, write, take picture and trying something new. Especially things that boost my adrenaline. Welcome to my world. Hope there is something useful for you :)

4 komentar:

  1. Postingan bermanfaat. Terima kasih udah sharing. :)

    BalasHapus
  2. Postingan yg bermanfaat. Terima kasih. :)

    BalasHapus
  3. sepertinya cukup efektif caranya buat diterapkan oleh banyak orang. ^.^

    Makasih neng udah mengulasnya.

    BalasHapus
  4. @Ustadz Muhammad Adam Hussein Sama - sama :) semoga bermanfaat.. makasih atas kunjungannya yaa

    BalasHapus

Komenlah dengan baik ya :) Jangan yang menyinggung SARA ataupun menggunakan kata - kata yang tidak pantas. Terimakasih :)

IG @darepontianak