Ketika Perbedaan Agama Menjadi Halangan Dalam Sebuah Hubungan

alt optimization cinta dan hubungan

Aku untuk kamu
Kamu untuk aku
Namun semua apa mungkin,
iman kita yang berbeda
Tuhan memang satu
Kita yang tak sama (Peri Cintaku~Marcell)

Perbedaan, sekilas memang hanya sebuah kata, namun ketika perbedaan itu terjadi dan dialami di dunia nyata, rasanya sungguh bikin nyesek nan pedih di hati. Kemudian kata andaikan, mengapa akan mengikuti. Andaikan kami satu keyakinan, andaikan ia mau mengikuti keyakinanku, mengapa harus ada perbedaan, mengapa kami harus berbeda, mengapa orang - orang terlalu mempermasalahkan perbedaan, dan masih banyak andaikan dan mengapa lainnya.

Kalau mengikuti hukum yang ada di negara kita Indonesia tercinta, ya cinta beda agama emang nggak ada masa depannya. Kecuali mau nebalin telinga dan nanggung resiko akibat memaksakan kehendak. Yah tau sajalah Indonesia kayak gimana. Kalau nggak dikomenin atau dikomentari orang, secara adat, hukum pemerintahan maupun agama juga tidak memperbolehkan.

Cinta terlahir bebas. Norma dan budaya yang memenjarakannya.

Lebih jauh, sebenarnya nggak ada yang salah dengan jatuh cinta beda agama, cuma andaikan difikir - fikir dahulu, tetep susah ke depannya, kecuali ada salah satu yang mau ngalah dan ngikutin agama pasangannya. Cuma itu jalan yang terbaik kalau mau cinta aman, hidup di masa depan juga aman dari cemooh. Well, meski pasti tetep ada aja yang syirik. Biasalah, apapun yang kita lakukan pasti bakalan ada aja orang yang komen.

Kalau pesen saya, andai bisa, sebelum jatuh cinta mending dipikir - pikir dulu deh. Daripada mesti backstreet, dan susah mikirkan kelanjutan hubungan yang nggak tau mesti dibawa kemana. Ya selama ada yang nggak susah, ngapain milih yang susah? Hemat tenaga, hemat fikiran, hemat waktu.

Terus kalau yang udah terlanjur jatuh cinta bagaimana? Kalau belum punya hubungan, mending lupain aja, cari yang lain. Kalau udah punya hubungan ya tinggal diskusiin aja, kalau ada yang mau ngalah atau tetep mempertahankan perbedaan yang ada juga sanggup nanggung resiko dikatain orang, silahkan lanjut. The choice is yours :)

Saat senja tiba, dalam sujud ku aku berdoa. Semoga kelak perbedaan yang kita punya bisa menjadi suatu kekuatan untuk kita agar bersama.

Mardhiyah Harahap

I am simple and easy going. Coffee lovers. Foodie. Love to travel, read, write, take picture and trying something new. Especially things that boost my adrenaline. Welcome to my world. Hope there is something useful for you :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komenlah dengan baik ya :) Jangan yang menyinggung SARA ataupun menggunakan kata - kata yang tidak pantas. Terimakasih :)

IG @darepontianak