Sirsak, Tanaman Sejuta Manfaat

alt optimization hanya sharing

Annona Muricata atau yang lebih sering kita kenal dengan sirsak atau nangka belanda adalah tumbuhan yang berasal dari Amerika Selatan yang umumnya memiliki tinggi sekitar 5 hingga 6 meter. Daunnya berwarna hijau tua dan memiliki buah yang besar. Selama berabad - abad suku indian menggunakan seluruh bagian dari tanaman ini sebagai obat alami untuk berbagai penyakit.

Menurut sejarah ketika Columbus menemukan Amerika, tanaman ini dibawa ke Asia. Di Asia tanaman ini tumbuh dengan baik di seluruh Indonesia. Masyarakat Belanda sangat menyukai buah yang rasanya asam segar manis dari tanaman ini, mereka menjulukinya dengan sebutan 'Zurrzak, soursop, sirsak'.

Pada studi yang dimulai tahun 1940-an ditemukan banyak senyawa bioktif dan fitokimia yang terdapat pada Graviola. Pada tahun 1976 sebuah penelitian menemukan bahwa daun sirsak ini mengandung senyawa fitokimia yang disebut Annonaceous Acetogenins, yang memiliki senyawa anti tumor dan anti kanker yang potensial tanpa merusak sel yang sehat. Mekanisme penting dari senyawa ini adalah sebagai penghambat ATP yaitu mengurangi asupan energi terhadap sel kanker. Berbagai penelitian in vitro dan in vivo oleh Purdue University USA dan Catholic University of South Korea, para peneliti Jepang dan Indonesia menemukan bahwa Annonaceous Acetogenins mengandung Annonacin dan 82 tipe Acetogenin yang dapat menghancurkan sel kanker payudara, kulit, dan paru - paru.

Bahkan diyakini bahwa zat yang ada pada daun sirsak mampu membunuh sel - sel kanker 10.000 kali lebih kuat dari pada zat yang terdapat dalam pengobatan kemotherapi yaitu zat Adriamycin.

*Sumber pamflet K-Muricata 100% Herbal Soursop Leaf Tea (dengan pengeditan seperlunya)

Mardhiyah Harahap

I am simple and easy going. Coffee lovers. Foodie. Love to travel, read, write, take picture and trying something new. Especially things that boost my adrenaline. Welcome to my world. Hope there is something useful for you :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komenlah dengan baik ya :) Jangan yang menyinggung SARA ataupun menggunakan kata - kata yang tidak pantas. Terimakasih :)

IG @darepontianak