Pentingnya Memperhatikan Kesehatan Mata Terutama yang Tinggal di Daerah Tropis

Pada Hari Kamis tanggal 12 Oktober 2017, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengadakan Temu Blogger Kesehatan 2017 yang bertajuk Mata Sehat Investasi Bangsa. Alhamdulillah Dare Pontianak mendapat kesempatan untuk hadir, terima kasih undangannya Kemenkes RI :) 

Pentingnya Memperhatikan Kesehatan Mata Terutama yang Tinggal di Daerah Tropis

Pentingnya Memperhatikan Kesehatan Mata Terutama yang Tinggal di Daerah Tropis

Acara temu blogger kesehatan 2017 ini dilangsungkan dalam rangka memperingati hari penglihatan sedunia. Ada yang tahu kapan? Kebanyakan pasti akan menjawab tanggal 12 Oktober, karena kegiatan ini dilakukan pada tanggal segitu. Tapi yang benar adalah hari penglihatan sedunia diperingati setiap hari Kamis minggu kedua bulan Oktober. Jadi tanggalnya akan berubah setiap tahun. Hari penglihatan sedunia ini sudah diperingati sejak tahun 1999.

Banyak informasi yang saya dapat dan bahkan ada beberapa yang saya baru tahu. Akan saya coba sebisa mungkin untuk menjelaskannya di sini. Sebab sayang jika tak dibagi. Stay read ya :)

Berikut 7 hal yang seharusnya dilakukan sebagai bentuk kegiatan gerakan masyarakat hidup sehat.

  1. Melakukan Aktivitas fisik. Yah olahraga minimal 30 menit setiap hari.
  2. Mengonsumsi sayur, buah dan ikan.
  3. Memeriksa kesehatan secara rutin.
  4. Tidak merokok. Yang sudah terlanjur ketergantungan berusaha berhenti yuk? Bisa menghemat uang juga kan selain menjaga kesehatan.
  5. Tidak mengonsumsi alkohol. Well alkohol sangat berbahaya sebab bisa dengan gampangnya merusak syaraf.
  6. Membersihkan lingkungan. Dengan membuang sampah pada tempatnya, tidak membiarkan air tergenang, melancarkan aliran selokan yang tersumbat, dll.
  7. Menggunakan jamban.
Nah, berikut hal yang harus dilakukan ketika melakukan pemeriksaan kesehatan. Usahakan periksakan kesehatan kita secara rutin minimal dalam 6 bulan sekali ya.
  1. Cek tekanan darah
  2. Cek kadar gula darah
  3. Cek kolesterol
  4. Tes darah lengkap di laboratori UM
  5. Cek lingkar perut
  6. Deteksi dini kanker leher rahim
  7. Cek mata

Well, tentang mata sendiri, bisa kita ketahui apakah mata kita sehat atau tidak dengan mencoba melihat berapa jari yang diacungkan oleh teman kita dari jarak sejauh 6 meter. Jika kita bisa menyebutkan dengan benar, then mata kita kemungkinan besar sehat. Untuk lebih pastinya bisa periksakan ke dokter mata. Tenang, di Kalbar sendiri dokter spesialis mata ada 18 orang kok. Jadi tidak akan susah membuat janji temu.

Ohiya, info lain yang saya baru tahu dan mencengangkan itu ternyata angka penderita diabetes di Pontianak cukup tinggi. Yang lebih parahnya lagi diabetes itu bisa mengganggu kesehatan mata. Well, kurangi konsumsi gula ya, apalagi pemanis buatan. Jumlah gula yang boleh kita konsumsi dalam satu hari itu cuma 5 gram.

Satu info penting lagi, untuk kita yang tinggal di daerah khatulistiwa yang pastinya beriklim tropis. Dimana intensitas sinar matahari juga lebih banyak dan ganas. Sebaiknya jika kita banyak beraktivitas di luar ruangan, seperti petani, nelayan, usahakan memakai kacamata hitam anti UV. Ingat ya, bukan sembarang kacamata hitam, tapi haruslah yang juga anti UV. 

Mengapa harus kacamata hitam anti UV? Sebab, pupil akan membesar ketika kita memakai kacamata hitam, nah, otomatis cahaya UV yang masuk malah akan semakin banyak dibandingkan ketika kita tidak mengenakan kacamata hitam. Bukannya menyehatkan mata, malah merusak  jadinya kan kalau hanya kacamata hitam biasa.

Dalam temu blogger kesehatan 2017 ini kami juga berkesempatan bertemu serta berbincang dengan Ibu Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila Moeloek. Terima kasih ya Bu atas waktu dan kesediaannya.

Btw, Kementerian Kesehatan dapat peringkat nomor 2 yang terbaik loh dalam kabinetnya Pak Jokowi. Wajar sih ya? Sebab Indonesia yang memiliki 17.504 pulau ini Kemenkes harus berusaha keras untuk mengcover seluruh wilayah tersebut. Dengan Indonesia Sehat, Kemenkes terus berusaha untuk meraih pedalaman. Sehingga masyarakat di daerah terpencil bisa merasakan pelayanan kesehatan yang layak. Keep up the good work ya Kemenkes. Semoga terus lebih baik dalam melayani kesehatan masyarakat.

Mardhiyah Harahap

I am simple and easy going. Coffee lovers. Foodie. Love to travel, read, write, take picture and trying something new. Especially things that boost my adrenaline. Welcome to my world. Hope there is something useful for you :)

3 komentar:

  1. Hiks. Iya nih. Kalau dah minus banyak kayak aku nih jadi agak repot :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah.. dijaga aja ya mbak biar nggak nambah.. ditreatment mungkin bisa jadi berkurang, coba aja dulu ke spesialis mata.. semoga bisa normal kembali :)

      Hapus
  2. ternyata ada komunitas bloger kesehatan ya,

    BalasHapus

Komenlah dengan baik ya :) Jangan yang menyinggung SARA ataupun menggunakan kata - kata yang tidak pantas. Terimakasih :)

IG @darepontianak