Social Media Math; Aplikasi Penghitung Engagement di Social Media

Hai kamu yang lagi baca :)

Kali ini Dare Pontianak mau share mengenai sebuah aplikasi mobile yang baru dan fresh banget. Masih merupakan ide tapi selama tujuan dan pasarnya jelas, mengapa tidak dicoba untuk diwujudkan bukan?

Social Media Math; Aplikasi Penghitung Engagement di Social Media

Kebetulan ada lomba ide aplikasi mobile nih dari Indosat Ooredoo, namanya IWIC 11. IWIC merupakan singkatan dari Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest. Sedangkan angka 11 menunjukkan lomba ini adalah lomba yang ke 11 kalinya. Lomba ini merupakan program tahunan Indosat Ooredoo, jadi ya 2017 adalah tahun yang ke 11. Mantap ya, berarti lomba ini keren dan banyak peminatnya dong. Buktinya bisa berlanjut terus dari tahun ke tahun.

Nah uniknya, Dare Pontianak bisa ikutan lomba ide aplikasi mobile tanpa perlu membuat aplikasinya. Cukup submit ide saja. Dare Pontianak mulai ya :)

LATAR BELAKANG SOCIAL MEDIA MATH

Ide Social Media Math ini bermula dari pengalaman Dare Pontianak saat membuat laporan untuk tugas buzzer dan blogger. Selain ribet, waktu yang terbuang untuk membuat laporan itu juga lumayan banyak. 

Contohnya, saat Dare Pontianak mendapat job dimana harus post di semua social media, blog dan youtube. Sedangkan untuk 1 social media saja, twitter misalnya, ada 50 twit. Dare Pontianak harus copy link twitnya, kemudian memasukkan total penayangan, total keterlibatan, total retweet dalam sebuah tabel di laporan. Kemudian menjumlahkan semuanya. Salah sedikit, harus ngulang lagi dari awal, bahkan harus berkali - kali mengecek. Guna memastikan tidak ada yang salah. Tak cukup sampai di situ, screen shoot atas engagement per twit juga harus dilampirkan. Bisa dibayangkan betapa ribetnya kan? Semua itu dilakukan secara manual.

Di atas hanya contoh untuk 1 social media, kalau job nya di semua socmed? Tentu memakan waktu yang cukup lama. Dalam kata lain Dare Pontianak harus dua kali kerja. Pertama menyelesaikan job itu sendiri, ke dua membuat laporan yang ribet itu.

Social Media Math; Aplikasi Penghitung Engagement di Social Media
Laporan post instagram yang Dare Pontianak buat secara manual
Untung Dare Pontianak masih single, jadi cukup punya waktu luang untuk menyelesaikan laporan tersebut. Bagaimana jika blogger, buzzer atau seleb social media itu merupakan seorang ibu/ayah dan punya pekerjaan tetap lain. Mungkin bisa sampai tidak tidur alias ngelembur. Sebab mereka juga harus mengatur waktu untuk anak, istri/suami, ngurus rumah, nyelesaikan kerjaan kantor.

TUJUAN SOCIAL MEDIA MATH

Jadi tujuan aplikasi Social Media Math ini adalah mempermudah buzzer, blogger dan seleb social media untuk menghitung engagement post mereka dalam sebuah job. Tak hanya itu, para vendor pun alias pihak yang memberi kerja juga bisa mengecek langsung engagement para buzzer, blogger dan seleb social media yang mereka beri kerja.

SUBSTANSI SOCIAL MEDIA MATH

Berikut adalah hal - hal yang bisa dilakukan oleh Social Media Math:

1. Instagram
Menghitung impressions, reach, engagement, komen, like dan saved.

2. Twitter
Menghitung impressions, engagement, retweet dan like.

3. Facebook
Menghitung like, komen dan share.

4. Path
Menghitung views, love dan komen.

5. Youtube
Menghitung views, komen, share, like dan dislike.

6. Blog
Menghitung views, komen dan share.

Semua social media yang disebutkan di atas bisa dikondisikan per job yang diberikan. Karena untuk setiap job biasanya diberi hashtag khusus. Jadi Social Media Math akan memberikan laporan hasil hitungan setiap post yang bersangkutan sesuai dengan hashtag tersebut. Hasil hitungan itu sendiri sudah dalam bentuk tabel yang bisa dicopy paste langsung oleh pengguna.

Untuk anggota sendiri terbagi menjadi 2, regular dan premium. Untuk regular, maka pengguna harus copy paste link post mereka ke dalam aplikasi. Sedangkan premium, maka pengguna cukup memasukkan hashtag sesuai job.

MONETIZATION POTENTIAL

Profit yang bisa didapatkan dari aplikasi ini sebagai berikut:

1. Iklan dari para vendor
2. Premium member

Social Media Math; Aplikasi Penghitung Engagement di Social Media

Nah, itulah ide yang Dare Pontianak punya dan diikut sertakan dalam lomba IWIC 11. Kamu juga punya ide? Yuk ikut sertakan. Kamu bisa baca perihal lomba IWIC 11 http://iwic.indosatooredoo.com/. Kalau sudah selesai membuat idenya, tinggal registrasi http://bit.ly/iwic11. Semoga beruntung :)

Mardhiyah Harahap

I am simple and easy going. Coffee lovers. Foodie. Love to travel, read, write, take picture and trying something new. Especially things that boost my adrenaline. Welcome to my world. Hope there is something useful for you :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komenlah dengan baik ya :) Jangan yang menyinggung SARA ataupun menggunakan kata - kata yang tidak pantas. Terimakasih :)

IG @darepontianak