Mudahnya Melamar Pekerjaan Secara Online dengan Astra Virtue

Mudahnya Melamar Pekerjaan Secara Online dengan Astra Virtue
sumber gambar https://sites.google.com/site/speakingassessement/

Di penghujung tahun 2017 ini, segalanya semakin maju, dari infrastuktur, teknologi dan komunikasi. Apapun bisa langsung terselesaikan dengan mudah. Jumlah penduduk dan kendaraan yang ada juga semakin bertambah pesat. Hal ini tentunya akan menimbulkan masalah. Sebab luas negara Indonesia tak bertambah, tapi penghuni dan yang ada di dalamnya terus meningkat.

Bagaimana dengan sumber daya yang tersedia? Sumber daya alam yang semakin ke sini semakin sedikit dan tercemar. Hewan dan tumbuhan sudah ada yang menjadi langka bahkan punah. Udara dan air memang berlimpah, tapi kebersihannya? Banyak tempat yang udaranya sudah tak menyegarkan lagi, sungai - sungai tak jernih dan sehat lagi dikarenakan polusi dan sampah.

Mudahnya Melamar Pekerjaan Secara Online dengan Astra Virtue
sumber gambar https://informazone.com/pencemaran-air/

Mudahnya Melamar Pekerjaan Secara Online dengan Astra Virtue
sumber gambar http://klikpdpi.com/

Kemudian dengan pertumbuhan jiwa yang terus menerus, apakah fasilitas yang ada memadai? Satu contoh saja, yaitu ketersediaan lapangan kerja. Dari Agustus 2016 hingga Agustus 2017 jumlah pengangguran sesuai data BPS (Badan Pusat Statistik) naik 10.000 orang. Yang awalnya ada 7,03 juta orang menjadi 7,04 juta orang. Bukan ribuan orang tapi jutaan, hal ini menjadi satu masalah yang harus segera dicari jalan keluarnya.

Bukan karena tak ada lowongan kerja, dengan bertambahnya jumlah penduduk tentu fasilitas seperti rumah sakit, sekolah, minimarket dan lainnya juga bertambah. Dan ketika fasilitas tersebut bertambah tentu memerlukan sumber daya manusia sebagai pekerjanya. Hanya saja belum cukup meng-cover jumlah tenaga kerja yang ada.

Mudahnya Melamar Pekerjaan Secara Online dengan Astra Virtue

Dari sekian banyak perusahaan yang hampir setiap tahun membuka lowongan pekerjaan adalah PT. Astra International. Astra tak merekrut dengan cara biasa, namun menyediakan kemudahan dalam melamar pekerjaan itu sendiri. Apakah itu? Yakni Astra Virtue.

Astra Virtue merupakan wadah job fair online Astra Group, yang menjadi pintu gerbang dimana recruiters dan kandidat bertemu layaknya job fair nyata pada umumnya. Lewat Virtual Job Fair ini, Astra memberikan kesempatan berkarir di Astra Internasional dan seluruh anak perusahaan Astra dengan cara yang lebih mudah serta memanfaatkan teknologi internet.

Mudahnya Melamar Pekerjaan Secara Online dengan Astra Virtue

Berikut kemudahan yang disediakan Astra Virtue:
  • Online 24 jam (selama periode job fair berlangsung)
  • Akses mudah melalui berbagai device.
  • Tanpa biaya masuk dan pencetakan dokumen.
  • Langkah melamar pekerjaan yang mudah dan sederhana.
  • Pembuatan CV online.
  • Praktis tanpa antrian.
Untuk di tahun 2017 ini Astra Virtue telah dilaksanakan dua kali, yaitu di bulan Februari dan Agustus. Bulan Agustus kemarin diadakan pada tanggal 3 sampai 6 Agustus 2017. Lowongan yang tersedia pun beragam, semua bisa dipilih sesuai jurusan dan keahlian.

Menurut Hanidha, salah satu kandidat yang pernah coba apply pekerjaan melalui Astra Virtue, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk apply.

1. Registrasi melalui Astra Virtue
Kandidat harus registrasi terlebih dahulu di web Astra Virtue https://virtue.astra.co.id/. Di bawah ini adalah penampakan halaman website Astra Virtue yang sedang tidak ada rekrutmen.
Mudahnya Melamar Pekerjaan Secara Online dengan Astra Virtue

2. Pilih menu job
Setelah registrasi, kandidat bisa memilih maksimal tiga macam pekerjaan. Agar memudahkan kandidat untuk melihat lowongan yang tersedia dan sesuai dengan backgroundnya, ada menu 'Job Sortir'. Kemudian isi saja form yang tertera di halaman web.

3. Konfirmasi
Setelah memilih 3 macam pekerjaan, otomatis Astra Virtue mengirimkan email bahwa kandidat telah berhasil apply dengan memberikan list 3 pekerjaan yang telah dipilih.

4. Tahap I (Administrasi)
Waktu pengumuman lolos atau tidak biasa maksimal 2 minggu setelah apply. Jika lolos maka akan mendapat panggilan ke kota yang telah dipilih sebelumnya.

5. Tahap II (Psikotest)
Astra International menggunakan iPad untuk proses testnya. Sebelum test kandidat harus mengumpulkan CV dan data diri melalui email. Kemudian kandidat akan mendengarkan penjelasan tentang alur test melalui video di dalam iPad.

6. Tahap III (Interview HRD dan Interview User)
Maksimal 3 minggu setelah psikotest akan diberikan konfifrmasi jika lulus maka lanjut ke interview. Di sini kandidat diminta untuk memperkenalkan diri lalu menjawab pertanyaan akademik juga tentang kepribadian kandidat.

Mudahnya Melamar Pekerjaan Secara Online dengan Astra Virtue

Astra Virtue ini sudah menjadi bahan obrolan dan kesempatan yang ditunggu - tunggu bagi jobseeker. Contohnya di Kaskus, ada thread yang membahas mengenai Astra Virtue ini. Berikut beberapa komentar dari jobseeker yang telah apply.

Hamnida, "Ane udah submit CV di situ gan, enak juga sih bisa langsung chat online sama perusahaannya."

Princeofpeace, "Enak loh, tanpa harus capek - capek cetak CV kita udah bisa mengikuti job fair. Tinggal klik klik aja gan."

Betapa mudahnya melamar pekerjaan melalui Astra Virtue ini semoga bisa juga dipraktekkan oleh penyelenggara - penyelenggara Job Fair dimanapun berada. Sehingga lebih efisien, tertib dan tak membuang kertas percuma.

Video panduan melamar pekerjaan di Astra Virtue



Mardhiyah Harahap

I am simple and easy going. Coffee lovers. Foodie. Love to travel, read, write, take picture and trying something new. Especially things that boost my adrenaline. Welcome to my world. Hope there is something useful for you :)

4 komentar:

  1. sekarang melamar pekerjaan jadi semakin mudah, thanks astra

    BalasHapus
  2. Bagaimana dengan kemungkinan keterimanya ya?
    Terima kasih dan salam kenal

    BalasHapus
  3. tidak bisa pilih bagian education, hanya keluar tulisan select
    saya sudah pakai Opera, Chrome, Firefox sama saja

    BalasHapus
  4. sudah disubmit tapi ga muncul apa apa dan gak dapet email

    BalasHapus

Komenlah dengan baik ya :) Jangan yang menyinggung SARA ataupun menggunakan kata - kata yang tidak pantas. Terimakasih :)

IG @darepontianak