Pages

Hari Kedua #IndonesianBloggerGoesToSabah: Dari Menikmati Dinginnya Kinabalu National Park dan Desa Cattle Dairy Farm serta Sunset di North Borneo Cruise

Lanjutan dari cerita hari pertama

Hari kedua eksplor Sabah! Jadi hari ini kami pergi ke Pekan Nabalu, Desa Catlle Dairy Farm, makan siang di Balsem Buffet Restaurant, keliling melihat Lodges di Kinabalu National Park sama menikmati sunset di North Borneo Cruise. Padat memang, tapi mengasyikkan. Yakinlah semua capek atau lelah yang dirasakan tubuh sirna begitu saja, karena aktivitas dan tujuan yang begitu indah dan menyenangkan.

Pagi yang ceria setelah sarapan yang sangat membahagiakan di Hotel Grandis (serius pilihan menunya banyak banget, mana enak - enak pula), pukul 08.30 Pak Jun (our guide) sudah menunggu bersama Pak driver bas kami. Difikir - fikir kasian sebenarnya sama mereka berdua, pulang palik akhir, datang paling awal, setiap hari. Pasti capek :( terima kasih ya Pak Jun dan Pak Driver, semoga tidak kapok mengawal kami.
Dare Pontianak menikmati view sambil sarapan di Hotel Grandis (taken by Multi Siahaan)

Pak Junaidi, our guide (dokumentasi pribadi)
Selama perjalanan yang cukup panjang menuju Pekan Nabalu, duo desah yang beranggotakan Mas Indra dan Teguh tak henti - hentinya menghibur kami. Mereka bernyanyi diselingi desah dan nada - nada aneh yang menggelitik. Walhasil perjalanan sejauh apapun tak pernah membosankan sebab selalu penuh tawa.

Begitu memasuki Ranau Highland saya terpana melihat pemandangan di kiri kanan jalan, sebab gunung dan bukit semua terlihat jelas, beserta kabut putihnya, saya serasa berjalan mengitari gunung di atas awan. Indah dan adem, saya tak bisa berkata apa - apa lagi. Setelah sampai di Pekan Nabalu, kami langsung turun berkeliling dan hunting foto. Seperti biasa saya dan roommate saya, Multi, kompak saling memotokan.
Dare Pontianak di Pekan Nabalu (taken by Multi Siahaan)
Pekan Nabalu ini menjadi perhentian favorit para turis. Jadi sebelum sampai ke Kinabalu National Park, tepatnya 12 km sebelumnya, para turis suka stop sebentar di Pekan Nabalu. Yang mau sarapan bisa sarapan dulu, yang kebelet pengen pipis bisa ke toilet dulu, sedang yang hobby foto seperti kami pastinya keliling dulu dong buat foto - foto. Sebagai tanda bukti kalau kami benar - benar sudah menginjakkan kaki di sini. Ya maklum, zaman sekarang kan kalau no pic ya hoax wkwk.
Sapi di Desa Cattle Dairy Farm (dokumentasi pribadi)

tempat duduk santai (dokumentasi pribadi)

Es krim di Desa Cattle Dairy Farm (dokumentasi pribadi)

Fresh Milk 500ml (dokumentasi pribadi)
Dare Pontianak memberi rumput ke kambing (taken by Salman Faris)

Blogger Indonesia di Desa Cattle Dairy Farm
Setelah puas berfoto kami melanjutkan perjalanan ke Desa Cattle Dairy Farm. Baru saja sampai pintu gerbang masuk, mata saya sudah dimanjakan dengan hijaunya padang rumput tempat para sapi bebas berkeliaran. Ahh berasa kayak lagi di New Zealand. Kita bisa ngeliat proses pemerahan susu, proses pengolahan susu, bahkan ngasi makan ke sapi dan kambing yang ada di sini. Dan yang pastinya bisa beli produk olahan seger nan fresh. Fresh milk yang 500ml dijual seharga 3,79RM, natural yogurt 3,34RM, dan es krimnya 3,7RM. Oh iya, di sini selain sapi juga ada bayi - bayi kambing yang lucu. Kita bisa memberi makan atau memberi minum susu ke mereka. Seikat rumput seharga 1RM dan 1 botol dot susu seharga 2RM. Seru loh ngeliatan bayi - bayi kambing ini, yang begitu disodorin rumput langsung deh mendekat semua, berebut makanin itu rumput sampai habis dalam sekejap. Alam dan hewan tak pernah gagal membuat saya bahagia. Kamu sarjana pertanian? Atau suka beternak dan berkebun? Mungkin kita jodoh wkwkwk. Btw, jangan lupa ya setelah pegang - pegang para hewan ini kita bisa cuci tangan di tempat yang telah disediakan, tetep kebersihan kudu dijaga, nggak lucu kan gara - gara kuman jadi diare pas liburan. Heol, bolak balik wc itu menyiksa.
Balsam Buffet Restaurant (dokumentasi pribadi)

Balsam buffet restaurant dari atas (dokumentasi pribadi)
Kami pun melanjutkan perjalanan ke Kinabalu National Park. Sebelum keliling - keliling kami ngisi perut dulu di Balsam Buffet Restaurant. Menu - menunya wiih sedap ajib markotop deh. Makan siang di sini cukup bayar 55RM maka udah bisa nyobain semuanya alias all you can eat. Ini pecinta kuliner mesti ke sini deh, recommended banget. Mana hawanya juga adem banget, ahh santai siang di sini menenangkan, mengenyangkan, bikin betah pokoknya. Tapi karena jadwal masih banyak, kami tak bisa berlama - lama.

Kami lanjut keliling Kinabalu National Park, banyak tumbuhan unik yang bisa kami lihat di sekeliling (saya nggak tau apa saja namanya, maafkan). Kami singgah melihat Grace Hostel. Ya semacam dormitory gitu, dalam 1 room ada beberapa tempat tidur bertingkat, yang bisa disewa per keluarga atau jika perginya rombongan. Lebih hemat pastinya daripada hotel biasa. Grace Hostel ini interiornya keren banget menurut saya, lorong ke toiletnya aja instagram-able. Belum ruang santainya, ada perapian segala. Ala - ala rumah western sana deh, keren pokoknya.
Grace Hostel (dokumentasi pribadi)

Ruang tamu di Grace Hostel (dokumentasi pribadi)

Perapian di Grace Hostel (dokumentasi pribadi)

Tempat tidur bertingkat di Grace Hostel (dokumentasi pribadi)
Karena cuaca yang tidak mendukung, alias hujan turun dengan manjanya, kami memutuskan berhenti keliling dan kembali saja ke bas. Daripada tas, kamera dll basah kan :(

Kami balik lagi ke Kota Kinabalu guna menuju ke Sutera Harbour. Karena North Borneo Cruise tempat kami makan malam dan menikmati sunset berlabuhnya di dermaga Sutera Marina Jetty. Setelah numpang toiletnya Sutera Harbour buat ganti baju, kami lanjut ke dermaga. Ternyata masih ada waktu sebelum keberangkatan. Akhirnya seperti biasa kami keliling dulu deh buat hunting foto. Dan ada kejadian lucu di sini yang membuktikan kegilaan kami, restorannya kan mutar lagu Ed Sheeran yang Shape of You, eh kaminya kompakan joget, malahan sampai divideoin sama King Salman, haha. Salah satu momen tak terlupakan yang bikin kangen.

Akhirnya waktu masuk North Borneo Cruise, yeay! Kami disambut dengan sangat ramah. Kami dibimbing menuju tempat duduk yang disesuaikan dengan nomor yang tertera di gelang yang dipasang sebelum masuk. Kami berada di dalam kapal pesiar ini selama 2 jam, berkeliling melihat kota Kinabalu.  Sebelum naik ke atas tuk menikmati sunset, kami dipersilahkan untuk santap malam terlebih dahulu. Menu - menunya maak mantap, ada sushi segala.  Lupakan diet, mari coba semuanya. Btw, selain kami yang ada di kapal ini, juga banyak para turis Korea dan beberapa bule yang lagi honeymoon. Waahh...view-nya doang aja sudah indah, ditambah oppa - oppa Korea, jadi double deh, haha bahagianya saya.
North Borneo Cruise (dokumentasi pribadi)

Dare Pontianak di North Borneo Cruise (taken by Salman Faris)
Sunset di North Borneo Cruise (dokumentasi pribadi)

Turis - turis di North Borneo Cruise (dokumentasi pribadi)
Puas makan, kami naik ke atas. Wiih pemandangan dan sunsetnya keren abis. Awak kapalnya juga keren, di setiap sudut ada safe guard yang berdiri siap mengamankan jikalau terjadi apa - apa. Begitu terdengar lagu T2 yang berjudul OK diputar, kami  tanpa dikomando kompakan bikin video joget ala ala lypsinc, see betapa gokilnya kami kan? Belum puas sampai di situ, pas turun ke bawah, kan ada stage buat nyanyi sebagai penghibur. Mas Indra yang notabenenya emang wedding singer nyumbang lagu, kami kompakan lagi joget - joget heboh. Energi kami seakan tiada habis - habisnya haha.

2 jam berlalu, kapal North Borneo Cruise sudah kembali berlabuh, kami pun keluar dan kembali ke hotel, istirahat siap - siap energi untuk jadwal esok hari. Terima kasih sebesar - besarnya untuk Air Asia dan Sabah Tourism Board atas liburan yang sangat menyenangkan ini :)

Catatan Harga:
Desa Cattle Dairy Farm: Tiket masuk non-malaysian dewasa 5RM
Kinabalu National Park: Tiket masuk non-malaysian dewasa 15RM
Balsam Buffet Restaurant: Breakfast 40RM, Lunch 55RM, dinner 65RM
Sunset North Borneo Cruise: Promo sampai 31 Desember 2017 1 orang dewasa 50USD = 211MYR

Informasi Kontak:

Desa Cattle Dairy Farm
Dr. Marcel Gisain
P.O.Box 71, 89308 Kundasang, Ranau, Sabah
+6088-889 562
+6088-889 530

Kinabalu National Park
Sutera Sanctuary Lodges, G.15, Ground Floor, Wisma Sabah, 88000 Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia
+6088-487 466
+6088-487 566
+6017-833 2766
info@suterasanctuarylodges.com
www.suterasanctuarylodges.com.my

North Borneo Cruise
info@northborneocruises.com
www.northborneocruises.com

Bersambung ke cerita hari ketiga

darepontianak

8 comments:

1. Wuihhh kayaknya keren nih acaranya

ReplyDelete
  2. Wah, jadi pengen naik kapal North Borneo Cruise..tapi kayaknya kurang cocok kalau buat jomblo..
    Hehehe

1. ayoooo naik aja Gus, kalau nggak mau sendiri ajakin akuuu, aku temenin haha

3. Pas buat mereka yang mau eksplor Sabah nih. Lengkap mantap 😘

1. Alhamdulillah.. Makasii ika sayangs. Jadi kapan ke Sabah? Hehe

Delete
  4. Gelatonya gimana Dyah, enak ngga? Aku cuma sempat nyicipin susunya aja, itu pun punya si Dodon hahaha

Replies
    1. Enaaak kak. Sekejap dyah abis. Berasa banget dari fresh susunya gitu.. Duh coba kk kemarin nyobain..

Delete

Komenlah dengan baik ya :) Jangan yang menyinggung SARA ataupun menggunakan kata - kata yang tidak pantas. Terimakasih :)