Enid Blyton; Penulis Favorit Terkenal Sepanjang Masa di Dunia yang Bahkan Melebihi JK Rowling dan Shakespeare

www.darepontianak.com
Enid Blyton
sumber: http://www.enidblytonsociety.co.uk/

Well, sehubungan dengan terlintasnya ide untuk mereview semua buku karya Enid Blyton yang saya punya, maka kali ini saya akan bahas mengenai pengarangnya terlebih dahulu.

Sejak masih di penitipan (sekarang dikenal dengan playgroup/pra TK) saya sudah gila membaca. Semua buku yang ada di perpustakaan saya lahap habis, bahkan yang sangat saya suka sampai di fotocopy ibunda tercinta. Nah, Enid Blyton inilah salah satu pengarang favorit saya. Genre penulisannya di petualangan, fantasi , misteri dan sesekali ada yang melibatkan sihir. Semua buku karangannya sudah saya baca. Yang kemudian keseluruhannya sangat saya rekomendasikan untuk bahan bacaan anak – anak, remaja ah segala usia deh. Gaya Bahasa dan ceritanya tak lekang oleh zaman. Sudah saya uji coba ke para ponakan,dan hasilnya mereka sangat keranjingan dan jadi suka membaca.

Enid lahir pada 11 Agustus 1987, dan ia mulai menulis sejak tahun 1922 hingga 1968. Setelah ditotal jumlah buku karangannya yang tercipta dalam 45 tahun karier kepenulisannya itu ada 753 buah buku. Wow sekali kan? Nah, kalau di rata – ratain dalam setahun ia bisa menghasilkan 16 karya. Gila, lancar banget ya otak dan jemarinya bikin tulisan. Salut banget saya.

Awalnya saya dulu cuma bisa baca di perpustakaan tanpa memiliki, namun ketika sudah pandai menyisihkan dan menghasilkan uang sendiri, satu persatu karyanya saya beli. Untungnya semua bukunya dicetak ulang terus oleh PT. Gramedia Pustaka Utama, sehingga saya tak mengalami kesulitan yang berarti dalam mencari. Versi aslinya tentu saja dalam Bahasa Inggris, yang kemudian diterjemahkan lebih dari 3400 bahasa. Dan lebih hebat lagi, setiap versi bukunya itu terjual lebih dari 400 juta eksemplar di sisi belahan manapun di dunia.

www.darepontianak.com



Berikut beberapa seri buku karya beliau (dalam versi terjemahan Bahasa Indonesia) dimana tiap serial ini terdiri dari sejumlah buku :
  1. Serial 5 Sekawan (21 buku)
  2. Serial Sapta Siaga (15 buku)
  3. Serial Pasukan Mau Tahu (15 buku)
  4. Serial Si Badung
  5. Serial 5 Serangkai
  6. Serial 4 Serangkai
  7. Serial Sirkus
  8. Serial Tikus Mary
  9. Serial Malory Towers
  10. Dll (saya lupa ngelist, nanti saya update, ehehe)


Nah, untuk selanjutnya nanti akan saya review satu persatu buku beliau ini. Tunggu saja updatenya ya :) 

Mardhiyah Harahap

I am simple and easy going. Coffee lovers. Foodie. Love to travel, read, write, take picture and trying something new. Especially things that boost my adrenaline. Welcome to my world. Hope there is something useful for you :)

2 komentar:

  1. Salut... dengan hobby bacanya. saya suka sekali melihat wanita yang suka membaca.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe.. sampai jumpa besok Abang, di Bandar Muzakki banyak buku :)

      Hapus

Komenlah dengan baik ya :) Jangan yang menyinggung SARA ataupun menggunakan kata - kata yang tidak pantas. Terimakasih :)

IG @darepontianak