Ayam Pak Usu, Ayamnya Pontianak

Hai para pecinta kuliner tanah air dimanapun anda berada ;)

Pasti suka ayam kan? Rasanya sih sedikit orang yang nggak suka ayam. Rata - rata ayam goreng misalnya, pasti suka. Contohnya Upin Ipin, tokoh kartun anak - anak yang sempat mem-booming beberapa waktu yang lalu.

Nah, ngomong - ngomong ayam nih, kalau mau kulineran di Pontianak, terus kepengen menu ayam, boleh mampir ke Ayam Pak Usu. Menu ayamnya lumayan banyak, bahkan ada yang pakai bumbu khusus dan khas dari Pak Usu sendiri, jadi tidak ada di tempat lain.

Ayam Pak Usu, Ayamnya Pontianak
Kiri Ayam Goreng Pak Usu ; Kanan Ayam Bakar Pontianak
Kebetulan saya udah nyobain 2 menu ayam disini, yaitu Ayam Goreng Pak Usu dan Ayam Bakar Pontianak. Nah, untuk Ayam Goreng Pak Usu ini, tentunya ayam yang digoreng dimana sebelumnya telah diberi bumbu ala Pak Usu. Wih, pokoknya setelah digoreng garing, enak deh, cukuplah memanjakan lidah. Kalau Ayam Bakar Pontianak nya sendiri, selain bumbu ala Pak Usu, juga yang dominan terasa manis sebab diberi kecap. Oh iya, kalau yang digoreng itu juga dilengkapi dengan taburan kremes yang krenyes - krenyes renyah beserta kuah gulai kental yang nikmat, cocok untuk dikuahkan ke nasi. Baik digoreng ataupun dibakar, keduanya dilengkapi dengan lalapan timun dan daun selada. Jadi kalau mau nyoba ala - ala Korea, nasi dan ayam dimasukkan ke dalam selada, kemudian seladanya dilipat, haapp tinggal kunyah. Sedaaap, makan saja sudah bikin bahagia. Hihi.

Ayam Pak Usu, Ayamnya Pontianak
Sambal Lamongan, Sambal Terasi dan Sambal Balado
Nah, untuk sambalnya, disini juga tersedia 3 macam. Ada sambal balado, sambal terasi dan sambal lamongan. Buat saya yang pecinta sambal, saya sangat suka yang pedas, dan favorit saya tentu sambal terasi nya yang wuiihh sedaaaappp. Kalau tidak terlalu suka pedas dan mungkin ada alergi terhadap udang maupun terasi, boleh coba sambal balado saja.

Ayam Pak Usu, Ayamnya Pontianak
Sup Ikan Alu - Alu
Selain menu ayam, di Pak Usu juga menyediakan banyak menu lainnya. Berbagai es krim tersedia di sini. Berbagai sushi juga ada. Ah, tapi buat saya yang sangat suka sup, di sini ada sup ikan. Dan favorit saya Sup Ikan Alu - Alu. Layaknya sup yang berkuah bening, kaldunya lumayan terasa, ikannya sendiri sudah difillet hingga tak perlu takut tersedak tulang, ditambah taburan cacahan bawang putih yang telah digoreng terlebih dahulu, ah bikin merem melek ketika memakannya. Oh ya, di dalam mangkuk sebelum dituangi sup, terlebih dahulu diletakkan daun selada yang lebar. Jadi ada sayurnya juga, sehat wal afiat deh yang makan, gizinya jadi lumayan lengkap.

Bagi para pengunjung tak perlu khawatir akan panasnya cuaca kota Pontianak, sebab disini tersedia ruangan ber-AC, dan pastinya bebas asap rokok, dengan tatanan tempat yang nyaman bahkan dilengkapi dengan perpustakaan mini, bisa santai dengan bahagia. 

Semua menu di atas yang saya coba di cabang Ayam Pak Usu Jalan Merdeka Pontianak. Selain di Jalan Merdeka, Ayam Pak Usu juga membuka cabang di Jalan Sumatra (M. Sohor), Jalan Ahmad Yani, di Ayani Megamall serta di kantin Rumah Sakit Mitra Medika. Silahkan dipilih dan dicoba ;)

Mardhiyah Harahap

I am simple and easy going. Coffee lovers. Foodie. Love to travel, read, write, take picture and trying something new. Especially things that boost my adrenaline. Welcome to my world. Hope there is something useful for you :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komenlah dengan baik ya :) Jangan yang menyinggung SARA ataupun menggunakan kata - kata yang tidak pantas. Terimakasih :)

IG @darepontianak