Kopdar Akbar Komunitas Blogger Pontianak Sekaligus Kampanye #Cari_aman

Hai kamu yang lagi baca :)

Kali ini darepontianak mau share tentang #Cari_aman. Sudah pada tahu belum? Nah, jadi ceritanya hari Sabtu kemarin tepatnya tanggal 19 Januari 2019, Komunitas Blogger Pontianak mengadakan kopdar akbar perdana bertajuk, "Menulis Nan Mengalir Ala Blogger". Pembicaranya ada 2 orang. Pertama Bang Dodon Jerry, Travel & Food Blogger. Ke dua ada Kak Dian Safitri Ravi, Lifestyle SEO Blogger Jakarta.

Acara kopdar akbar Komunitas Blogger Pontianak ini didukung oleh Astra Motor, MB Communication, Esqiu Rental Mobil Pontianak, Pontianak Creative dan 4SEO. Di acara ini juga ada pengumuman lomba instagram dari Dulux dan MB Communication. Selain itu juga ada pelantikan pengurus baru Komunitas Blogger Pontianak. Hiks masa bertugas darepontianak di KBP sebagai pengurus berakhir sudah.

Kopdar Akbar Komunitas Blogger Pontianak Sekaligus Kampanye #Cari_aman

Kopdar Akbar Komunitas Blogger Pontianak Sekaligus Kampanye #Cari_aman

Nah, balik lagi ke #Cari_aman, sudah tahu belum apa sih #Cari_aman itu? Jadi ini adalah sebuah program yang digaungkan oleh Astra Motor, yang tentunya untuk menghimbau pengendara agar aman dalam berkendara. Apa saja sih yang harus diperhatikan dalam berkendara? Jadi dari sebelum berkendara hingga saat berkendara kita nggak boleh sembarangan. Mau pergi asal cus saja.

Dari sebelum berkendara kita harus memperhatikan hal - hal berikut ini:

  1. Pemanasan Tubuh. Kita harus pastikan bahwa tubuh dan fikiran kita dalam keadaan sehat dan siap untuk berkendara dengan melakukan pemanasan tubuh. Kemudian gunakan helm sebagai pelindung kepala, jangan lupa dikaitkan tali pengikatnya biar kalau misalnya jatuh atau apa helmnya tidak akan terlepas. Kemudian perhatikan pakaian, gunakan yang bisa melindungi tubuh dari cedera apabila terjatuh. Kalau bisa sih pakai jaket dan celana panjang. Kemudian sarung tangan sebagai pelindung dari kondisi cuaca dan genggaman juga mantap. Lalu gunakanlah sepatu yang melindungi mata kaki.
  2. Pengecekan sepeda motor. Pastikan bahan bakar cukup untuk perjalanan anda. Kemudian cek rantai apakah sudah terlumasi dengan baik beserta ketegangannya. Agar tak ada kata rantai putus di tengah perjalanan. Kemudian perhatikan juga oli dan tekanan ban. Biar jalannya motor mantap. Lalu perhatikan juga tuas kopling, kaca spion, rem dan kelistrikan motor
  3. Perhatikan postur tubuh saat berkendara. Mata tentunya harus melihat ke depan. Pundak harus santai. Sikut sedikit menekuk. Tangan tentunya harus menggenggam stang motor. Perhatikan juga posisi pinggul, lutut dan kaki. Sesuaikan semuanya pada tempatnya.
Nah, bagaimana saat berkendara? Berikut yang harus diperhatikan:
  1. Saat mengerem gunakan rem depan dan belakang secara bersamaan.
  2. Berada di lajur kiri yang memang khusus diperuntukkan untuk pengendara motor.
  3. Nyalakan lampu sein jika hendak berpindah lajur.
  4. Nyalakan lampu sein juga saat sebelum berbelok, perhatikan juga pengendara yang ada di belakang melalui kaca spion.
  5. Kurangi kecepatan saat ada pasir atau kerikil di jalan, kalau bisa dihindari.
  6. Waspada juga jika ada yang menyebrang jalan. Jangan ditabrak :D
  7. Berkendaralah dengan ke dua tangan, biar seimbang.
  8. Jangan berkendara ketika sedang dalam pengaruh obat - obatan. Ya kan nggak lucu kalau setengah ngantuk lalu tertidur lalu kecelakaan di jalan.
  9. Pastikan lampu depan motor nyala saat berkendara di malam hari.
  10. Dan yang terakhir tentunya patuhi aturan lalu lintas ya semua.
Kopdar Akbar Komunitas Blogger Pontianak Sekaligus Kampanye #Cari_aman

Nah, setelah acara kampanye #Cari_aman ini dari pihak Astra Motor juga mengadakan sesi kuis melalui Kahoot. Darepontianak paling suka sesi Kahoot ini hehe. Setelah itu pun acara ditutup dengan sesi foto bersama lalu makan siang. Terima kasih semua. Sungguh kemarin adalah hari yang menyenangkan dan bermanfaat.

darepontianak

No comments:

Post a Comment

Komenlah dengan baik ya :) Jangan yang menyinggung SARA ataupun menggunakan kata - kata yang tidak pantas. Terimakasih :)

IG @darepontianak