Resep dan Cara Masak Capsicum Isi Kentang; Resep Asli Dari India

Resep dan Cara Masak Capsicum Isi Kentang; Resep Asli Dari India

Hai kamu yang lagi baca :)

Sudah lama banget darepontianak nggak update. Lagi masa - masa lockdown gini emang pas buat ngerjain dan belajar apapun yang dipengenin. Salah satunya masak dan nyobain resep - resep baru, ya nggak? Darepontianak iya nih setiap hari pengennya nyobain resep baru mulu biar menunya beda - beda. Biar nggak bosan gitu.

Kebetulan di masa lockdown ini darepontianak lagi di Mumbai, India. Nyusulin suami. Dan ibu mertua juga tinggal sama kami. Jadinya darepontianak dapat kesempatan buat minta ajarin resep - resep makanan India. Kalau ibu mertua lagi nggak sempat ya internet ada kan ya, tinggal googling dan coba deh.

Nah, kalo tahu isi, cabe isi di Indonesia udah biasa kan ya, gimana kalau capsicum isi? Capsicum isi ini sejenis paprika. Cuma bedanya kalau paprika itu agak lebih besar dan lebih pedas. Kalau capsicum ini nggak pedas malah cenderung pahit dan ada rasa pedar gimana gitu kalau dimakan mentah.

Oke yuk langsung aja ke resep capsicum isi kentang resep asli dari India.

Resep dan Cara Masak Capsicum Isi Kentang; Resep Asli Dari India

Porsi untuk 3 orang

Bahan - bahan yang dibutuhkan:
1. 3 Capsicum yang cantik bentuknya dan bisa berdiri sempurna.
2. 3 kentang ukuran sedang
3. 1 buah bawang merah besar (dipotong kecil - kecil)
4. 5 siung bawang putih (dihaluskan)
5. 1 buah cabe yang pedas (dipotong kecil - kecil, btw kalau suka pedas boleh ditambah sesuai selera)
6. 1/2 sdt jintan
7. 1/4 sdt bubuk kunyit
8. 1/4 sdt merica
9. 1/2 sdt garam masala atau penyedap rasa
10. 2 sdm daun ketumbar (dipotong kecil - kecil, dan kalau nggak ada daun ketumbar boleh diganti daun seledri dan daun bawang)
11. Garam secukupnya
12. 1 sdm minyak goreng untuk bawang dan bumbu
13. 1,5 sdm minyak goreng untuk masak capsicum isi kentang

Resep dan Cara Masak Capsicum Isi Kentang; Resep Asli Dari India

Resep dan Cara Masak Capsicum Isi Kentang; Resep Asli Dari India

Cara membuat:
1. Rebus/kukus kentang. Kemudian kupas kulitnya. Lalu haluskan sampai benar - benar halus semuanya.

2. Panaskan minyak, kemudian goreng bawang merah. Setelah bawang merah berubah warna menjadi kecokelatan, masukkan bawang putih dan jintan. Aduk sebentar, lalu masukkan bubuk kunyit, merica dan garam masala (penyedap rasa), juga potongan cabai. Tumis sebentar lalu dinginkan.

3.Campurkan bumbu yang telah ditumis tadi ke kentang yang telah dihaluskan. Campur hingga merata. Lalu masukkan potongan daun ketumbar. Campur hingga semuanya merata.

4. Potong atas capsicum dan buang bijinya. Lalu masukkan kentang halus tadi ke dalam. Padatkan tapi jangan terlalu penuh karena nanti pas masak bisa keluar kalau kepenuhan.

5. Panaskan minyak di atas panci atau kuali yang agak besar. Lalu masukkan capsicum yang telah diisi tadi kemudian tutup kuali. Setiap 3 menit ubah posisi capsicum agar semua sisi merata masaknya.

6. Setelah semua sisi matang, angkat dan hidangkan. Bisa dimakan pakai saus cabe atau saus tomat. Darepontianak sih 1 capsicum per orang. Kalau dirasa kebesaran boleh dibagi 2. Tergantung selera masing - masing :)

Nah itu dia resep dan cara masak capsicum isi kentang. Isiannya mau kalian tambahin potongan wortel, suwiran ayam juga bisa. Silahkan berkreasi, btw kalau nyobain bikin atau ada pertanyaan silahkan komen ya di bawah. Atau kalau mau dm dan komen ke instagramnya darepontianak juga bisa. Nama akunnya @darepontianak. Sekalian follow ya hehe.

darepontianak

21 comments:

  1. Capsicum, baru dengar nama bahan itu Mbak. Saya pikir tadi labu siam lho, karena bentuknya mirip.
    Kalau gak nemu Capsicum, oalahan kentangnya ditaruh mangkok gitu aja gimana Mbak? Jadi aneh sih, tanpa sayuran, hehe..

    Lihat penampakan Capsicum mirip banget sama Paprika ya

    ReplyDelete
  2. waa asik banget nih, dalam kondisi kaya gini selama wfh emang paling asik nyobain resep resep baru, kapan kapan mau nyobain juga aaah hehehe

    ReplyDelete
  3. capsicum ini paprika hijau yang biasa ada di supermarket itu kan ya?
    Atau beda? kok bentunya miripp

    ReplyDelete
  4. kebayang ya kalau habis satu paprika kayanya cukup untuk mengenyangkan mba, isinya penuh juga hehehe, unik sih ini buat bekal.

    ReplyDelete
  5. wahhh aku baru dengar nama makanan ini. Mau cobain bikin ahhh, bahannya juga mudah didapat :)
    Mau tambahin wortel juga supaya lebih berwarna dan sehat :)

    ReplyDelete
  6. Capsicum ini nama ilmiahnya dari paprika ya mbak. Hehe Efek di rumah aja jadi bikin ibu2 seperti kita kreatif trial masakan baru ya mbak.

    ReplyDelete
  7. Baru tahu mba aku saama resep asli India ini, kayaknya enak 😃 kalo dicampur daging giling/kornet lebih mantul tuh 😁

    ReplyDelete
  8. Enak ni buat praktek ragam kuliner dr daerah lain. Bs untuk bikin kenyang jg pastinya

    ReplyDelete
  9. wahaah aku mau cobain ah di rumah, mumpung stay at home, bahannya juga mudah didapat ya ka, kayaknya enak banget deh

    ReplyDelete
  10. wahhh boleh banget nih lagi kehabisan ide dirumah,,, nganggur dikit kerjaannya pada pengen ngunyah.. dapur gak pernah sepi hahaha

    ReplyDelete
  11. capsium ini paprika bukan sih? aku kepo. baru tahu nama capsium. tapi liat fotonya kaya paprika.

    ReplyDelete
  12. Capsicum ini apakah hanya ada di India?
    Di Indonesia ada atau tidak?
    Trus, kalo misalnya diganti dengan paprika gimana?
    Hihihi.. maaffff kebanyakan nanya..

    ReplyDelete
  13. Rasa capsicum pahit, ya? Seperti parekah rasa pahitnya? Ahahah... mau nyoba bikin ini. Tapi karena nggak tau di mana beli capsicum (apalagi sedang kondisi seperti sekarang), kayaknya ganti paprika atau pare deh :D

    ReplyDelete
  14. Aku baru denger nih nama capsicum..ternyata sejenis paprika ya. Pas liat fotonya tadi kirain juga paprika. Cara masaknya simpel yaa..jd pengen coba bikin juga, tp mungkin pake paprika aja kali ya.

    ReplyDelete
  15. Aduh baca resep n liat gambarnya aja saya udah ngiler nih Mbak, hihi... boleh gak capsicumnya diganti ama paprika ya... trus kl garam masala bs didapetin di hypermart2 juga kan...

    ReplyDelete
  16. Resep asli dari India begini mengingatkan impianku mau segera berkunjung ke India tapi apalah daya pandemi belum berakhir so harus bersabar aja. Btw,bahan-bahan yang digunakan tidak terlalu sulit yah boleh juga mencoba resepnya nih di rumah

    ReplyDelete
  17. Wah resep asli dari India, ya. Menarik banget, bikinnya kayaknya juga mudah, jadi mau coba selama di rumah aja ini.

    ReplyDelete
  18. Owhh mbaknya lagi ada di India, stay safee yaa. Btw, aku ngeliatnya mirip siomay di dalam pare yaa. Xixii. Langsung bayangin rasanya. Pedes, gurih, gimanaa gitu. Yang pasti makan satu aja udah kenyang karena mengandung kentang. Gimana klo paprikanya diganti sama tahu atau pare, hmm.. jadi pengen nyoba.

    ReplyDelete
  19. Aku baru denger makanan atau buah capsicum ini, itu sejenis parika ya, di indonesia ada gak sih kak ?
    Jadi penasaran pengen cobain.

    ReplyDelete
  20. wah mumpung banyak waktu senggang di rumah, mau coba bikin ah :D

    ReplyDelete
  21. Pernah saya makan capsicum ini, enak sih tapi kurang suka, haha. Dulu pas makan di KL di kedai India .

    ReplyDelete

Komenlah dengan baik ya :) Jangan yang menyinggung SARA ataupun menggunakan kata - kata yang tidak pantas. Terimakasih :)

IG @darepontianak