Pages

Manfaatkan WiFi Rumah untuk Siapkan Diri Lebih Cakap Digital

 
Jangan abai dengan keamanan di internet. Berikut cara memanfaatkan wifi rumah untuk mempersiapkan diri lebih cakap digital. Lakukan sekarang juga.


Pengguna internet terus mengalami peningkatan, tidak terkecuali di Indonesia. Menurut data Hootsuite pada 2022, terdapat 204,7 juta pengguna internet di Indonesia. Membuat akses informasi semakin cepat dan beragam. Sehingga diperlukan kemampuan cakap digital untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Koneksi internet yang begitu mudah membuat kita dapat mengakses berbagai informasi. Segala aktivitas harian juga membuat kita lebih sering terhubung ke internet, seperti berkomunikasi lewat media sosial, melakukan transaksi digital, bekerja hingga menggunakan transportasi online.

Semua kemudahan yang ditawarkan terkadang membuat kita lupa, bahwa ada hal penting yang perlu diperhatikan. Terutama soal keamanan dan bagaimana kita menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk itu kita perlu membiasakan diri agar lebih bijak berdigital. Cakap digital adalah kemampuan kita dalam mengetahui serta memahami penggunaan perangkat yang berkaitan dengan sistem digital. Dengan begitu kita bisa lebih bijak dalam menggunakan berbagai perangkat digital.

Cakap digital memungkinkan kita lebih mudah memahami penggunaan sebuah perangkat. Sehingga kita dapat menggunakannya dengan baik, dan juga mengaplikasikannya untuk tujuan yang lebih produktif.
 
Jangan abai dengan keamanan di internet. Berikut cara memanfaatkan wifi rumah untuk mempersiapkan diri lebih cakap digital. Lakukan sekarang juga.

 

Manfaat WiFi di Rumah
 
Salah satu langkah awal yang saya lakukan untuk menjadi generasi cakap digital adalah memiliki WiFi rumah. Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan dengan penggunaan wifi rumah, seperti:
 
1. Meningkatkan Produktivitas
 
Sejak maraknya aktivitas belajar dan bekerja dari rumah, penggunaan wifi rumah juga semakin meningkat. Saya termasuk orang yang mengandalkan koneksi internet dari IndiHome untuk bisa bekerja dari rumah. Akses wifi rumah yang stabil membantu saya dalam meningkatkan produktivitas saat bekerja.
 
Saya tetap bisa melakukan meeting online, mengirimkan laporan dan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Selain itu saya juga bisa lebih hemat, karena tidak harus keluar rumah untuk membeli kuota atau melakukan berbagai transaksi. Semua bisa dilakukan dari handphone.
 
2. Hiburan Bersama Keluarga

Adanya wifi rumah membuat koneksi internet bisa dipakai berama-sama. Termasuk menikmati hiburan bersama keluarga. Dengan kecepatan internet yang stabil, aktivitas mendengarkan musik dan menonton film bersama keluarga jadi lebih menyenangkan. Tidak ada buffering atau sambungan internet yang terputus secara mendadak.

Kami pun bisa menonton channel televisi kesayangan saat pemerintah mengalihkan siaran TV ke digital. Sehingga tidak perlu membeli perangkat tambahan. Cukup terhubung ke internet dan semua bisa langsung dinikmati.

3. Lebih Mudah Menjalankan Bisnis

Selain bekerja, saya juga menjalankan bisnis. Akses internet yang stabil dari IndiHome membuat saya lebih mudah menjalankan bisnis dari rumah. Layanan internet milik Telkom Group ini pun memiliki teknisi yang dapat diandalkan ketika wifi rumah mengalami kendala.
Itu membuat saya tidak perlu khawatir saat koneksi internet bermasalah. Pengguna yang banyak dan juga tersebar di berbagai daerah, tentunya membuat penanganan ketika terjadi gangguan jadi lebih mudah.
 
Jangan abai dengan keamanan di internet. Berikut cara memanfaatkan wifi rumah untuk mempersiapkan diri lebih cakap digital. Lakukan sekarang juga.

 
 
Ancaman yang Mengintai di Internet
 
Meski telah memiliki wifi rumah yang begitu mumpuni, tidak membuat saya dan keluarga lengah dalam menjaga keamanan diri. Apalagi setelah mendapat banyak insight menarik ketika mengikuti Pekan Cakap Digital yang mengusung tema “Sejahtera Lewat Dunia Digital”.
 
Saya jadi lebih sadar akan banyaknya potensi yang dapat membahayakan keamanan. Dari penjelasan yang diberikan, setidaknya ada 7 jenis cyber crime paling populer di era digital, yaitu:
●    Phising
●    Carding
●    Data forgery
●    Cyber terorism
●    SIM swap
●    Skimming
●    Ransomeware
 
Walau terlihat menyeramkan, bukan berarti kita tidak boleh menggunakan internet. Namun untuk bisa menjaga diri, kita perlu cakap digital agar bisa terhindar dari semua ancaman tersebut.
 
Tips Aman di Internet
 
Pada kesempatan itu saya juga mendapat penjelasan mengenai hal yang bisa kita lakukan agar aman di internet. Salah satunya ialah menggunakan internet untuk mengakses konten-konten positif.
 
Sebab kita tidak pernah tahu kapan bahaya akan mengancam, karena hal tersebut bisa saja menyusupi kita melalui malware, pop-up iklan yang berbahaya, dan informasi login yang tersimpan pada perangkat.
 
Untuk mencegah hal tersebut, kita bisa mengganti password secara berkala, gunakan kombinasi password yang sulit ditebak. Selain itu yang tidak kalah penting adalah untuk selalu melakukan log-out pada perangkat yang kita gunakan.
 
Begitulah sedikit obrolan mengenai pemanfaatan wifi rumah dan bagaimana saya membiasakan diri agar lebih cakap digital. Semoga pembahasan ini juga bisa menginspirasi kamu untuk mulai membiasakan perilaku cakap digital. Sehingga kita bisa menciptakan ruang komunikasi publik yang nyaman dan aman. Tidak hanya untuk kita, tapi juga orang lain.

darepontianak

No comments:

Post a Comment

Komenlah dengan baik ya :) Jangan yang menyinggung SARA ataupun menggunakan kata - kata yang tidak pantas. Terimakasih :)

IG @darepontianak