Pages

Add On IndiHome Langit Musik Dukung Musik Indie

Add On IndiHome Langit Musik Dukung Musik Indie

Hai kamu yang lagi baca! Apa kabar?

Musik Independen atau yang lebih dikenal dengan musik indie, adalah sebuah genre musik yang diproduksi dan didistribusikan secara mandiri oleh sang musisi alias penyanyi itu sendiri. Bisa juga melalui label rekaman independen, namun dengan tetap menerapkan pendekatan “Do It Yourself”. Jadi, sang musisi akan merekam dan menerbitkan lagunya secara mandiri.

Siapa saja sih penyanyi Indie? Ada banyak sekali, yang kalian pasti sering dengar dan nyanyikan lagu - lagunya. Contohnya, Nadin Amizah, Pamungkas, Tulus, Amigdala, Payung Teduh dll.



Di mana saja biasanya mereka menerbitkan lagu - lagunya? Thanks to aplikasi - aplikasi streaming musik yang sekarang banyak beredar. Ya, di era di mana semua serba internet, apa - apa streaming, jadi sangat memudahkan para musisi indie.

Dilansir dari Pricebook, sebuah situs perbandingan harga namun juga situs teknologi, Spotify, Joox dan Apple Music telah menjadi alternatif praktis dan mudah digunakan daripada cara kuno yang membeli CD ataupun mendownload lagu secara ilegal.

Berdasarkan laporan Global Music Report 2021 yang dibuat oleh IFPI (International Federation of the Phonographic Industry), pasar musik digital Indonesia telah tumbuh sebesar 21,5% pada tahun 2020. Dengan aplikasi streaming musik yang menjadi sumber pendapatan terbesar dalam dunia industri musik di Indonesia.

Ada beberapa peran penting dari aplikasi streaming terhadap musik band indie ini yaitu:

1. Memperluas Akses ke Musik Lokal

Dengan adanya aplikasi streaming online ini tentunya memperluas jangkauan musik indie ke seluruh Indonesia bahkan ke kancah internasional. Yang tentunya memberikan dampak positif bagi industri musik lokal.

2. Menambah Penghasilan

Aplikasi streaming juga memberikan kesempatan untuk band indie agar bisa menghasilkan uang. Akan ada royalti untuk setiap musik mereka yang diputar, didownload dan sebagainya sesuai kesepakatan yang telah disetujui di awal.

3. Meningkatkan Eksposur

Para pengguna aplikasi streaming akan mendapatkan rekomendasi lagu - lagu baru, sehingga para band indie bisa lebih banyak mendapat eksposur dan menjangkau para pendengar baru yang sebelumnya tidak mengenal karya mereka.

4. Meningkatkan Profesionalisme

Melalui aplikasi streaming para band indie dapat mengelola musik mereka secara profesional. Mereka dapat membuat profil, mengupload lagu dan album, memantau jumlah stream dan penghasilan, serta menganalisis data pendengar. Sehingga membantu para musisi lokal untuk memahami audiens mereka.

Salah satu aplikasi streaming musik yang juga sedang gencar mengangkat dan mendistribusikan karya musik penyanyi atau band indie adalah Langit Musik. Langit Musik dikelola oleh Melon Indonesia yang sekarang berganti nama menjadi NUON Digital Indonesia dan juga merupakan anak usaha dari Telkom Indonesia.

Memiliki lebih dari 9 juta katalog lagu, termasuklah katalog lokal, misalnya indie, pop dan tradisional. Terhitung sejak awal 2019, sebanyak 76% streaming yang dilakukan di Langit Musik adalah lagu Indonesia walaupun tersedia lagu - lagu internasional juga. Menariknya lagi, Langit Musik adalah satu - satunya platform streaming musik yang menerapkan sistem revenue sharing alias sistem bagi hasil.


Jika kalian tertarik untuk berlangganan Langit Musik dan kalian sudah berlangganan IndiHome di rumah, kalian bisa menambahkan
add-on Langit Musik. Hanya dengan membayar Rp 10.000 saja, sudah bisa menikmati streaming lagu - lagu lokal dan internasional selama 1 bulan penuh. Mudah dan murah bukan?

Syarat dan ketentuan berlangganan Langit Musik sebagai berikut

1. Untuk berlangganan Langit Musik, bisa hubungi call centre 147 atau kunjungi Plasa Telkom terdekat, atau download melalui IndiHome app stor di menu IndiHome TV anda.

2. Biaya berlangganan Langit Musik akan dimasukkan secara otomatis ke dalam tagihan bulanan IndiHome.

3. Lagu dapat didengarkan secara streaming tanpa jeda iklan untuk aplikasi Langit Musik versi STB IndiHome TV.

4. Lagu dapat didengarkan secara streaming tanpa jeda iklan serta dapat didownload dan diputar offline di aplikasi Langit Musik versi mobile baik itu versi android maupun iOS.

darepontianak

No comments:

Post a Comment

Komenlah dengan baik ya :) Jangan yang menyinggung SARA ataupun menggunakan kata - kata yang tidak pantas. Terimakasih :)

IG @darepontianak